Pengertian Pendidikan Budaya Dan Huruf Bangsa

FAST DOWNLOADads
Download
Pengertian Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa - Pada postingan kali ini, membumikan pendidikan akan share perihal pengertian pendidikan budaya dan abjad bangsa serta beberapa fungsi dan tujuan dari pendidikan budaya dan abjad bangsa. Berikut uraiannya.

Sesuai dengan Undang-Undang perihal Sistem Pendidikan Nasional maka pendidikan nasional berfungsi membuatkan dan membentuk tabiat serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi penerima didik semoga menjadi insan yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang maha esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggungjawab (Pasal 3 UU Sisdiknas). Sedangkan budaya yaitu nilai, moral, norma dan keyakinan (belief), fikiran yang dianut oleh suatu masyarakat/bangsa dan mendasari sikap seseorang sebagai dirinya, anggota masyarakat, dan warganegara. Budaya mengatur sikap seseorang mengenai sesuatu yang dianggap benar, baik, dan indah. Selanjutnya, abjad yaitu tabiat yang  terbentuk dari nilai, moral, dan norma yang mendasari cara pandang, berfikir, sikap, dan cara bertindak seseorang serta yang membedakan dirinya dari orang lainnya. Karakter bangsa terwujud dari abjad seseorang yang menjadi anggota masyarakat bangsa tersebut.
Pengertian Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa Pengertian Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa

Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa

Pendidikan budaya dan abjad bangsa yaitu pendidikan yang  membuatkan nilai-nilai budaya dan abjad pada diri penerima didik sehingga menjadi dasar bagi mereka dalam berpikir, bersikap, bertindak dalam membuatkan dirinya sebagai individu, anggota masyarakat, dan warganegara. Nilai-nilai budaya dan abjad bangsa yang dimiliki penerima didik tersebut mengakibatkan mereka sebagai warganegara Indonesia yang mempunyai kekhasan dibandingkan dengan bangsa-bangsa lain.

Fungsi Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa

Pendidikan budaya dan abjad bangsa berfungsi sebagai:
  • Perluasan pengembangan potensi penerima didik semoga mereka  mempunyai kepeduliaan terhadap nilai-nilai yang mendasari kehidupan budaya dan abjad bangsa
  • Memperkuat peran pendidikan nasional untuk bertanggungjawab dalam pengembangan ranah yang lebih luas dari ranah kognitif.
  • Wahana dalam membuatkan potensi kemanusiaan penerima didik sebagai individu, anggota masyarakat, dan warganegara 

Tujuan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa

Tujuan pendidikan budaya dan abjad bangsa adalah:
  • Mengembangkan potensi afektif penerima didik sebagai insan dan warganegara yang mempunyai nilai-nilai budaya dan abjad bangsa
  • Mengembangkan kemampuan penerima didik menjadi insan yang mandiri, kreatif, berwawasan kebangsaan
  • Mengembangkan lingkungan kehidupan sekolah sebagai lingkungan mencar ilmu yang aman, jujur, penuh kreativitas dan persahabatan, serta dengan rasa kebangsaan yang tinggi dan penuh dignity.
Demikianlah uraian singka mengenai pengertian pendidikan budaya dan abjad bangsa. Semoga bisa bermanfaat dan bisa menambah wawasan sahabat membumikan pendidikan yang budiman.
FAST DOWNLOADads
Download
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url