Nilai-Nilai Pendidikan Budaya Dan Aksara Bangsa

FAST DOWNLOADads
Download
Nilai-nilai Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa - Berbicara perihal pendidikan memang tidak akan pernah habis bahkan kehabisan di tengah jalan. Selalu ada masalah berikut harus dicari solusinya. Apalagi membicarakan pendidikan yang sedang gencar-gencarnya ditumbuh kembangkan oleh bangsa kita kini yaitu pendidikan budaya dan karakter, yang memang sudah mulai kering bahkan hilang sebagai jati diri bangsa yang dikenal ramah tamah. Oleh sebab itu, membumikan pendidikan pada kesempatan kali ini akan secara singkat share mengenai nilai-nilai pendidikan budaya dan abjad bangsa. Langsng saja di bawah ini uraiannya.

Sumber Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa 

Bahwa untuk mengetahui nilai-nilai dalam pendidikan budaya dan abjad bangsa diharapkan penggalian dari sumber nilai bangsa itu sendiri. Sehingga adanya identifikasi dari sumber-sumber nilai tersebut. Maka, nilai-nilai yang dikembangkan dalam pendidikan budaya dan abjad bangsa diidentifikasi dari:
nilai Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa Nilai-nilai Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa

Pertama, agama. Masyarakat Indonesia ialah masyarakat beragama. Oleh sebab itu kehidupan individu, masyarakat, dan bangsa selalu didasari pada aliran agama. Secara politis kehidupan kenegaraan pun didasari pada nilai-nilai yang berasal dari agama. Atas dasar pertimbangan itu maka nilai-nilai pendidikan budaya dan abjad bangsa harus didasarkan pada nilai-nilai dan kaedah yang berasal dari agama.

Kedua, pancasila. Negara Republik Indonesia ditegakkan atas prinsip-prinsip kehidupan kebangsaan dan kenegaraan yang disebut Pancasila. Pancasila terdapat pada Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 dan dijabarkan lebih lanjut dalam pasal-pasal yang terdapat dalam Undang-Undang Dasar 1945 tersebut. Artinya, nilai-nilai yang ada dalam Pancasila menjadi nilai-nilai yang mengatur kehidupan politik, hukum, ekonomi, kemasyarakatan, budaya, dan seni. Pendidikan budaya dan abjad bangsa bertujuan mempersiapkan penerima didik menjadi warganegara yang lebih baik dan warganegara yang lebih baik ialah warganegara yang menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupannya sebagai warganegara.

Ketiga, budaya. Budaya ialah suatu kebenaran bahwa tidak ada insan yang hidup bermasyarakat yang tidak didasari oleh nilai-nilai budaya yang diakui masyarakat tersebut. Nilai-nilai budaya tersebut dijadikan dasar dalam memberi makna terhadap suatu konsep dan arti dalam komunikasi antar anggota masyarakat tersebut. Posisi budaya yang demikian penting dalam kehidupan masyarakat mengharuskan budaya menjadi sumber nilai-nilai dari pendidikan budaya dan abjad bangsa.

Keempat, tujuan pendidikan nasional. Tujuan Pendidikan Nasional ialah kualitas insan Indonesia yang harus dikembangkan oleh aneka macam satuan pendidikan di aneka macam jenjang dan jalur. Di dalam tujuan pendidikan nasional terdapat aneka macam nilai kemanusiaan yang harus dimiliki seorang warganegara. Oleh sebab itu, tujuan pendidikan nasional ialah sumber yang paling operasional dalam pengembangan pendidikan budaya dan abjad bangsa.

Nilai-Nilai Pendidikan Budaya dan Karakter

Berdasarkan keempat sumber nilai tersebut maka dihasilkan sejumlah nilai untuk pendidikan budaya dan abjad bangsa, yaitu:
  • Religius : suatu sikap dan sikap yang patuh dalam melaksanakan aliran agama  yang dianutnya, toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain, serta hidup rukun dengan pemeluk agama lain.
  • Jujur: sikap yang didasarkan pada kebenaran, menghindari sikap yang salah, dan mengakibatkan dirinya menjadi orang yang selalu sanggup mendapatkan amanah dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan.
  • Toleransi: suatu tindakan dan sikap yang menghargai pendapat, sikap dan tindakan orang lain yang berbeda dari pendapat, sikap, dan tindakan dirinya.
  • Disiplin: suatu tindakan tertib dan aptuh pada aneka macam ketentuan dan peraturan yang harus dilaksanakannya.
  • Kerja keras: suatu upaya yang diperlihatkan untuk selalu memakai waktu yang tersedia untuk suatu pekerjaan dengan sebaik-baiknya sehingga pekerjaan yang dilakukan final pada waktunya
  • Kreatif: berpikir untuk menghasilkan suatu cara atau produk gres dari apa yang telah dimiliki
  • Mandiri: kemampuan melaksanakan pekerjaan sendiri dengan kemampuan yang telah dimilikinya
  • Demokratis: sikap dan tindakan yang menilai tinggi hak dan kewajiban dirinya dan orang lain dalam kedudukan yang sama
  • Rasa ingin tahu: suatu sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui apa yang dipelajarinya secara lebih mendalam dan meluas dalam aneka macam aspek terkait.
  • Semangat kebangsaan: suatu cara berpikir, bertindak, dan wawasan yang menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan diri dan kelompoknya.
  • Cinta tanah air: suatu sikap yang memperlihatkan kesetiaan, kepedulian, dan penghargaan  yang tinggi terhadap lingkungan fisik, sosial, budaya, ekonomi, dan politik bangsanya.
  • Menghargai prestasi: suatu sikap dan tindakan yang mendorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang berkhasiat bagi masyarakat, dan mengakui dan menghormati keberhasilan orang lain.
  • Bersahabat/komunikatif: suatu tindakan yang memperlihatkan rasa bahagia berbicara, bergaul, dan berhubungan dengan orang lain.
  • Cinta damai: suatu sikap dan tindakan yang selalu menimbulkan orang lain bahagia dan dirinya diterima dengan baik oleh orang lain, masyarakat dan bangsa
  • Senang membaca: suatu kebiasaan yang selalu menyediakan waktu untuk membaca materi bacaan yang memperlihatkan kebajikan bagi dirinya.
  • Peduli sosial: suatu sikap dan tindakan yang selalu ingin memperlihatkan pertolongan untuk membantu orang lain dan masyarakat dalam meringankan kesulitan yang mereka hadapi.
  • Peduli lingkungan: suatu sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan pada lingkungan alam di sekitarnya, dan berbagi upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi.
Demikianlah uraian singkat perihal nilai-nilai pendidikan budaya dan abjad bangsa. Semoga sanggup bermanfaat dan menambah wawasan.
FAST DOWNLOADads
Download
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url