Pengembangan Aktivitas Pembelajaran Taman Kanak-Kanak (Tk)

FAST DOWNLOADads
Download
Pengembangan Program Pembelajaran Taman Kanak-Kanak (TK) - Pada postingan kali ini, membumikan pendidikan akan share mengenai Pengembangan Program Pembelajaran Taman Kanak-Kanak (TK). Ada beberapa hal yang perlu dijelaskan dalam Pengembangan Program Pembelajaran Taman Kanak-Kanak (TK) ini. Di antaranya ialah mengenai kurikulum taman kanak-kanak, fungsi dan tujuan taman kanak-kanak, arah dan sasaran jadwal pembelajaran dan lain-lain. Langsung saja ibarat apa Pengembangan Program Pembelajaran Taman Kanak-Kanak (TK). Berikut uraiannya:

Pengertian Kurikulum

Kurikulum ialah seperangkat planning dan pengaturan mengenai tujuan, isi, materi pelajaran serta cara yang dipakai sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan. Kurikulum Taman Kanak-kanak ialah seperangkat planning dan pengaturan mengenai tujaun, bidang pengembangan, dan evaluasi serta cara yang dipakai sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan.

Fungsi dan Tujuan Taman Kanak-kanak

Fungsi Taman Kanak-kanak
Fungsi pendidikan Taman Kanak-kanak ialah membina, menumbuhkan, membuatkan seluruh potensi anak secara optimal sehingga terbentuk sikap dan kemampuan dasar sesuai dengan tahap perkembangannya biar mempunyai kesiapan untuk memasuki pendidikan selanjutnya.

Tujuan Taman Kanak-kanak
  • Membangun landasan bagi berkembangnya potensi penerima didik biar menjadi insan beriman da tertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berkepribadian luhur, sehat, berilmu, cakap, kritis, kreatif, inovatif, mandiri, percaya diri, dan menjadi warga Negara yang demokratis dan bertanggung-jawab.
  • Mengembangkan potensi kecerdasan spiritual, intelektual, emosional, kinestetis, dan social penerima didik pada masa usia emas pertumbuhan dalam lingkungan bermain yang edukatif dan menyenangkan.
  • Membantu penerima didik membuatkan banyak sekali potensi baik psikis dan fisik yang meliputi nilai-nilai agama dan moral, sosio-emosional kemandirian, kognitif dan bahasa, dan fisik/motorik, untuk siap memasuki pendidikan dasar.

Arah atau Sasaran Program Pembelajaran di TK

Program pembelajaran di Taman Kanak-kanak diarahkan pada pencapaian perkembangan anak sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan anak menurut tingkat pencapaian perkembangan anak yang dikategorikan dalam kelompok umur 4 – 6 tahun sebagai acaran normative dan dikembangkan untuk mempersiapkan penerima didik biar siap mengikuti pendidikan pada jenjang SD, atau bentuk lain yang sederajat.

Baca juga: Model-Model Pembelajaran Inovatif di PAUD

Prinsip Pengembangan Program Pembelajaran di TK

Program Pembelajaran Taman Kanak-kanak dikembangkan menurut prinsip-prinsip berikut :
Pengembangan Program Pembelajaran Taman Kanak Pengembangan Program Pembelajaran Taman Kanak-Kanak (TK)
  • Berpusat pada Potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan penerima didik dan lingkungannya. Program pembelajaran dikembangkan menurut prinsip bahwa penerima didik mempunyai posisi sentral untuk membuatkan potensinya biar menjadi insan yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, berdikari dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung-jawab. Untuk mendukung pencapaian tujuan tersebut pengembangan perkembangan penerima didik diubahsuaikan dengan potensi perkembangan, kebutuhan dan kepentingan penerima didik serta tuntutan lingkungan. Untuk pendidikan di Taman Kanak-kanak tetap memperhatikan nilai-nilai budaya kawasan dan aksara bangsa yang selaras dengan nilai-nilai agama dan moral.
  • Beragam dan Terpadu. Program pembelajaran dikembangkan dengan memperhatikan keragaman karakteristik penerima didik, kondisi kawasan dan jenis pendidikan, tanpa membedakan agama, suku, budaya dan watak istiadat, serta status sosial ekonomi dan gender. Program pembelajran di Taman Kanak-kanak harus sanggup mengakomodasi pendidikan inklusi bagi anak yang berkebutuhan khusus.
  • Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni. Program pembelajaran dikembangkan atas dasar kesadaran bahwa ilmu pengetahuan, teknologi dan seni berkembang secara dinamis dan oleh alasannya itu semangat dan isi jadwal pembelajran mendorong penerima didik untuk mengikuti dan memanfaatkan secara sempurna perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.
  • Relevan dengan kebutuhan kehidupan. Pengembangan jadwal pembelajran dilakukan dengan melibatkan pemangku kepentingan (stakeholders) untuk menjamin relevansi pendidikan dengan kebutuhan kehidupan, termasuk didalamnya kehidupan kemasyarakatan, dunia perjuangan dan dunia kerja. Oleh alasannya itu pengembangan keterampilan pribadi, keterampilan berpikir, keterampilan sosial, keterampilan akademik dan keterampilan vokasional merupakan keniscayaan.
  • Menyeluruh dan berkesinambungan. Substansi jadwal pembelajaran meliputi keseluruhan dimensi perkembangan, bidang kajian keilmuan dan b idang pengembangan yang direncanakan dan disajikan secara berkesinambungan.
  • Belajar sepanjang hayat. Program pembelajran diarahkan kepada proses pengembangan pembudayaan dan pemberdayaan penerima didik yang berlangsung sepanjang hayat. Program pembelajaran mencerminkan keterkaitan antara unsur-unsur pendidikan formal, non formal dan informal, dengan memperhatikan kondisi dan tuntutan lingkungan yang selalu berkembang serta arah pengembangan insan seutuhnya. Program pembelajaran di Taman Kanak-kanak memotivasi dan memfasilitasi keingintahuan anak untuk membuatkan minat mencar ilmu secara terus menerus.
  • Seimbang antara kependingan nasional dan kepentingan daerah. Program pembelajaran dikembangkan dengan memperhatikan kepentingan nasional dan kepentingan kawasan untuk membangun kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Kepentingan nasional dan kepentingan kawasan harus saling mengisi dan memberdayakan sejalan dengan motto Bhineka Tunggal Ika dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Karakteristik Program Pembelajaran di TK

Pengembangan jadwal pembelajaran Pendidikan Taman Kanak-kanak mempunyai karakteristik sebagai berikut ;
  • Program pembelajaran di Taman Kanak-kanak dilaksanakan secara terpadu dengan memperhatikan kebutuhan terhadap kesehatan, gizi, stimulasi sosial dan kepentingan terbaik bagi anak.
  • Program pembelajaran di Taman kanak-kanak dilaksanakan secara fleksibel sesuai dengan karakteristik anak Taman Kanak-kanak dan layanan pendidikan
  • Program pembelajaran di Taman Kanak-kanak dilaksanakan menurut prinsip mencar ilmu melalui bermain dengan memperhatikan perbedaan individual, minat dan kemampuan masing-masing anak, sosial budaya serta kondisi dan kebutuhan masyarakat.

Demikianlah uraian singkat perihal Pengembangan Program Pembelajaran Taman Kanak-Kanak (TK), semoga sanggup bermanfaat dan bisa membantu sahabat-sahabat membumikan pendidikan.
FAST DOWNLOADads
Download
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url