Contoh Aktivitas Pembelajaran Bidang Pengembangan Kognitif Di Tk

FAST DOWNLOADads
Download
Contoh Kegiatan Pembelajaran Bidang Pengembangan Kognitif - Taman Kanak-kanak (TK) merupakan forum pendidikan formal sebelum anak memasuki sekolah dasar, forum ini dianggap penting lantaran bagi anak usia ini merupakan golden age (usia emas) yang di dalamnya terdapat “masa peka” yang hanya tiba sekali. Masa peka ialah suatu masa yang menuntut perkembangan anak dikembangkan secara optimal. Penelitian menunjukkan bahwa 80% perkembangan mental, kecerdasan anak berlangsung pada usia ini. Kenyataan di lapangan bahwa anak yang tinggal kelas, drop out, khususnya pada kelas rendah disebabkan anak yang bersangkutan tidak melalui pendidikan di TK.

Pemberlakuan kurikulum yang berbasis kompetensi berimplikasi pada perlunya pengembangan pembelajaran. Guru TK, sebelum melakukan acara pembelajaran perlu mempersiapkan diri. Salah satu bentuk persiapan ialah menyusun model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik perkembangan fisik dan psikologis anak TK, keadaan lingkungan sekitar, dan ketersediaan sarana prasarana pendidikan.

Salah satu bidang pengembangan yang diajarkan di Taman Kanak-kanak ialah bidang pengembangan kognitif. Untuk menyusun model pembelajaran kognitif, guru diperlukan mengacu kepada pedoman pembelajaran ini. Kemampuan kognitif dipersiapkan guru untuk meningkatkan kemampuan dan kreativitas anak sesuai dengan tahap perkembangannya.

Baca juga: Pengenalan Dini Kemampuan Berhitung Kepada Anak

Pengertian Pengembangan kognitif

Pengembangan kognitif ialah suatu proses berpikir berupa kemampuan untuk menghubungkan, menilai dan mempertimbangkan sesuatu. Dapat juga dimaknai sebagai kemampuan untuk memecahkan problem atau untuk mencipta karya yang dihargai dalam suatu kebudayaan.

Kemampuan kognitif merupakan salah satu dari bidang pengembangan kemampuan dasar yang dipersiapkan oleh guru untuk meningkatkan kemampuan dan kreativitas anak sesuai dengan tahap perkembangannya. Pengembangan kemampuan kognitif bertujuan semoga anak bisa mengolah perolehan belajarnya, menemukan majemuk alternatif pemecahan masalah, pengembangan kemampuan kecerdikan matematika, pengetahuan ruang dan waktu, kemampuan memilah dan mengelompokkan, dan persiapan pengembangan kemampuan berpikir teliti.

Baca juga: Metode dan Pelaksanaan Permainan Berhitung pada Anak

Sebelum melakukan pembelajaran di kelas, guru harus menyusun Satuan Kegiatan Mingguan (SKM) dan Satuan Kegiatan Harian (SKH). Pedoman pembelajaran Kognitif ini sanggup dipergunakan oleh guru sebagai materi acuan dengan cara menyesuaikan dengan kemampuan guru, alat peraga yang tersedia, dan perkembangan anak.
Contoh Kegiatan Pembelajaran Bidang Pengembangan Kognitif Contoh Kegiatan Pembelajaran Bidang Pengembangan Kognitif di TK

Berikut contoh-contoh acara pembelajaran pada bidang pengembangan kognitif di taman Kanak-Kanak yang bisa sahabat-sahabat membumikan pendidikan unduh sesuai dengan indikator, baik unvuk kelompok A maupun kelompok B.

Baca juga: Contoh Kegiatan Pembelajaran Pengembangan Fisik Motorik di TK

Contoh-Contoh Kegiatan Pembelajaran pada Bidang Pengembangan Kognitif

     Kelompok A    

Indikator :

Baca juga: Contoh Kegiatan Pembelajaran Pengembangan Kemampuan Berbahasa di TK

     Kelompok B     

Indikator :

Demikianlah postingan mengenai Contoh Kegiatan Pembelajaran Bidang Pengembangan Kognitif di TK. Semoga dapatbermanfaat dan bisa membantu.
FAST DOWNLOADads
Download
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url