Pembelajaran Interaktif: Bukti Allah Maha Esa

FAST DOWNLOADads
Download
Pembelajaran Interaktif - Pendidikan yang baik ialah pendidikan yang sanggup dan gampang dimengerti oleh akseptor didik. Oleh sebab itu, salah satu cara yang mungkin efektif dalam membelajarkan anak untuk mengenal Tuhan ialah dengan mengkorelasikan realitas kehidupan dengan Keagungan Tuhan. Pada postingan sebelumnya telah dipaparkan sekelumit ihwal bagaimana membelajarkan anak supaya mengerti dan mengetahui bahwa Allah itu wujud dengan dua macam realitas yang ada di sekitar kehidupan anak. Tujuannya supaya anak bisa memahami dan menambah kepercayaan anak terhadap adanya Sang Pencipta.
 Pendidikan yang baik ialah pendidikan yang sanggup dan gampang dimengerti oleh akseptor didik Pembelajaran Interaktif: Bukti Allah Maha Esa

Baca juga: Pendidikan Interaktif: Bukti Allah itu Ada (Wujud)

Sekarang, membumikan pendidikan akan share lagi mengenai materi berikutnya yaitu tentang Allah Maha Esa. Setelah anak sudah bisa memahami bahwa Allah itu wujud maka pembelajaran selanjutnya ialah memaparkan ihwal Bukti Allah Maha Esa kepada anak. Langsung saja menuju ke TKP.


Pembelajaran Interaktif Bukti Allah Maha Esa

Aktivitas Pembelajaran:
  • Tanya jawab, diskusi, dan menyanyi

Tujuan Pembelajaran:
  • Anak mengetahui bahwa Allah Maha Esa
  • Anak menemukan bukti bahwa Allah memang Maha Esa sehingga dogma yang dimiliki anak akan semakin kuat.

Media Pembelajaran:
  • Kendaraan untuk bepergian (motor, kendaraan beroda empat atau perahu)
  • kertas F4
  • pensil/pulpen.
  • lagu “Tuhan aku satu” dan “Allah Tuhan saya”.

Prosedur Pembelajaran:
  • Orang renta mengajak anaknya menaiki kendaraan. Dalam perjalanan, orang renta sanggup memasukan materi Allah MAha Esa. Orang renta sanggup meminta anaknya untuk mengamati sopir kendaraan yang sedang dipakai dan menanyakan kepadanya kemungkinan kendaraan ini dikendalikan dua orang atau lebih.
 Pendidikan yang baik ialah pendidikan yang sanggup dan gampang dimengerti oleh akseptor didik Pembelajaran Interaktif: Bukti Allah Maha Esa
  • Setelah mendengar balasan dari anaknya, orang renta sanggup menambahkan contoh-contoh lain, contohnya jikalau kereta api dikendalikan dua masinis ialah suatu hal yang tidak mungkin. Jika suatu kendaraan atau apapun dikendalikan oleh dua orang, akan timbul kekacauan sebab impian dua orang tersebut tidak akan sama. Mungkin orang yang satu ingin ke kiri dan orang yang satunya lagi ingin ke kanan. Tuhan pun demikian, Allah hanya satu. Karena itulah alam ini bisa berjalan dengan teratur. Allah juga maha besar sebab bisa menciptakan dan mengatur alam semesta ini sendirian (uraian sanggup dikembangkan).
  • Orang renta meminta anaknya untuk mencari pola sebanyak-banyaknya ihwal bukti bahwa Allah Maha Esa dan menuliskannya dalam kertas selama 10 menit.
  • Setelah selesai, anak diminta menginformasikan hasil pencariannya. Orang renta sanggup menunjukkan masukan, tambahan, pujian, dan saran kepada anak ihwal informasinya.
  • Orang renta memperdalam materi ihwal Allah Maha Esa.
  • Hasil pencarian anak dibingkai dengan bagus, diberi tanggal pembuatan, dan disimpan dalam ruangan hasil karya anak, lebih manis jikalau disertai foto saat anak sedang mengadakan pengamatannya.
  • Selanjutnya, orang renta mengajak anaknya menyanyikan lagu “Tuhan aku Satu”.

Tuhan Saya Satu
(Irama: Topi Saya Bundar)
Tuhan aku satu

Satu Tuhan saya
Kalau tidak satu
Bukan Tuhan saya

Allah Tuhan Saya
(Irama: Topi Saya Bundar)
Allah Tuhan saya

Tuhan aku Allah
Kalau tidak Allah
Bukan Tuhan saya

Multiple Intelligence
Dengan metode tersebut, ada delapan kecerdasan anak yang sanggup dikembangkan: 
  • Kecerdasan naturalis dan kinestetis berkembang saat anak diajak mengamati kendaraan (misalnya, bahtera di laut).
  • Kecerdasan verbal, logis, spasial, interpersonal, dan intrapersonal berkembang saat anak menjawab pertanyaan, menceritakan hasil pencarian, dan presentasi.
  • Kecerdasan musical berkembang saat anak bernyanyi bersama.

Demikian sekelumit realitas yang sanggup membumikan pendidikan share mengenai Pendidikan Interaktif: Bukti Allah Maha Esa. Semoga belum dewasa kita menjadi anak yang teguh imannya. Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca dan semoga sanggup membantu dan bermanfaat.

FAST DOWNLOADads
Download
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url