Pembelajaran Interaktif: Pendalaman Bahan Allah Maha Esa

FAST DOWNLOADads
Download
Pendalaman Materi Allah Maha Esa - Pembaca yang budiman. Pada kesempatan kali ini, membumikan pendidikan akan share sekelumit ihwal pendalaman materi Allah Maha Esa kepada anak. Setelah pada postingan yang kemudian telah diuraikan ihwal pengenalan materi Allah Maha Esa, maka kini pendalaman materinya. Hal ini memperlihatkan petunjuk penting bahwa kewajiban utama orangtua terhadap anak-anaknya yakni menanamkan iman dalam sanubarinya. Lantas bagaimana cara kita menanamkan pendidikan iman pada anak di zaman menyerupai kini ini?

Baca juga: Pembelajaran Interaktif: Bukti Allah Maha Esa

Terkait hal ini para orangtua sesungguhnya tidak perlu resah atau kehabisan materi dalam mengulas duduk kasus dongeng atau kisah. Karena, Al-Qur’an sendiri mempunyai banyak kisah inspiratif yang semuanya menanamkan nilai ketauhidan. Agar senantiasa anak menjalani hidup dan kehidupannya semakin mantap. Di bawah ini langkah-langkah pendalaman materi bahwa Allah Maha Esa :

 Pembaca  yang budiman Pembelajaran Interaktif: Pendalaman Materi Allah Maha Esa

Pendalaman Materi Allah Maha Esa

Aktivitas Pembelajaran :
  • Tanya jawab, Pengamatan, dan Sharing

Tujuan Pembelajaran :
  • Anak memahami bahwa Allah Maha Esa melalui Tanya jawab

Media Pembelajaran :
  • Lapangan atau alam terbuka, kendaraan beroda empat atau motor

Prosedur Pembelajaran :
  • Orang bau tanah memberi pertanyaan-pertanyaan:
Apakah kini kau yakin bahwa Allah itu Esa?
Benarkah Allah itu ada dimana-mana?
Jika Allah ada dimana-mana, bukankah berarti Allah itu banyak?
  • Biarkan anak menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut.
  • Ajaklah anak berjalan-jalan ke lapangan atau kea lam terbuka pada siang hari ketika ada matahari atau pada malam hari ketika ada bulan.
  • Mintalah anak untuk mengamati matahari atau bulan.
  • Kemudian, bawalah anak dengan berjalan kaki atau mengendarai kendaraan beroda empat atau sepeda motor dan minta anak untuk tetap mengawasi matahari atau bulan selama melaksanakan perjalanan hingga hingga di daerah lain.
  • Tanyakan kepada anak, Apakah matahari atau bulan yang dilihatnya sama dengan matahari atau bulan yang dilihat di daerah sebelumnya?
  • Jelaskan bahwa meskipun berada di daerah yang berbeda, kita masih bisa melihat matahari dan bulan yang sama. Kapan pun dan dimana pun berada, kita bisa melihat matahari dan bulan yang sama. Mengapa demikian? Karena matahari yang kita lihat hanya ada satu dan bulan yang kita lihat hanya ada satu pula. Lalu, mengapa matahari dan bulan bisa terlihat di semua daerah yang ada di bumi. Jawabannya yakni alasannya yakni matahari dan bulan mempunyai ukuran yang sangat besar sehingga keduanya bisa dilihat dari daerah mana saja yang ada di bumi ini.
  • Jelaskan pula materi ini, bahwa Allah ada di mana-mana bukan berarti Allah itu banyak. Allah Maha Esa, yaitu tetap satu. Namun, Allah Maha Besar, begitu besarnya Allah, insan akan mencicipi bahwa Allah ada di mana-mana.
  • Mintalah anak untuk menjelaskan kembali materi tersebut. Dari penjelasannya, akan terlihat tingkat pemahaman yang dicapai oleh anak. Jika pemahamannya masih kurang, orang bau tanah sanggup menambahkannya.

Multiple Intelligence
Dengan metode tersebut, minimal ada tujuh kecerdasan anak yang sanggup dikembangkan:
  • Kecerdasan naturalis dan kinestetis berkembang ketika anak diajak jalan-jalan ke alam terbuka.
  • Kecerdasan logis dan spasial berkembang ketika anak mengamati matahari atau bulan dan ketika mendengarkan klarifikasi orang bau tanah mengenai bukti bahwa Allah itu Esa.
  • Kecerdasan verbal, logis, spasial, interpersonal, dan intrapersonal berkembang ketika anak menjelaskan kembali materi yang diperolehnya.

Demikianlah uraian singkat mengenai Pembelajaran Interaktif Pendalaman Materi Allah Maha Esa. Semoga sanggup menginspirasi dalam mendidik belum dewasa sahabat-sahabat membumikan pendidikan dan bisa diimplementasikan dengan bijak. Dan mudah-mudahan belum dewasa kita akan mempunyai keteguhan hati sehingga di masa depan akan bisa mengemban amanah Allah. Semoga bermanfaat.
FAST DOWNLOADads
Download
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url