Sebab-Sebab Timbulnya Kebutuhan Khusus Pada Anak

FAST DOWNLOADads
Download
Sebab-Sebab Timbulnya Kebutuhan Khusus Pada Anak - Setelah pada postingan sebelumnya membumikan pendidikan telah menguraikan mengenai pengertian dan konsep anak berkebutuhan khusus. Maka pada kesempatan kali ini, membumikan pendidikan akan share mengenai sebab-sebab apa yang sanggup menimbulkan anak berkebutuhan khusus. Berikut uraiannya.

Baca juga: Pengertian Anak Berkebutuhan Khusus (ABK)

Terdapat tiga faktor yang sanggup diidentifikasi perihal lantaran musabab timbulnya kebutuhan khusus pada seorang anak yaitu: 1) Faktor internal pada diri anak, 2) Faktor ekternal dari lingkungan dan, 3) Kombinasi dari factor internal dan eksternal.
Sebab Timbulnya Kebutuhan Khusus Pada Anak Sebab-Sebab Timbulnya Kebutuhan Khusus Pada Anak

Faktor Internal Anak Kebutuhan Khusus

Faktor internal yakni kondisi yang dimiliki oleh anak yang bersangkutan. Sebagai rujukan seorang anak mempunyai kebutuhan khusus dalam berguru lantaran ia tidak sanggup melihat, tidak sanggup mendengar, atau tidak mengalami kesulitan untuk begerak. Keadaan menyerupai itu berada pada diri anak yang bersangkutan secara internal. Dengan kata lain kendala yang dialami berada di dalam diri anak yang bersangkutan.

Faktor Ekternal dari Lingkungan

Faktor eksternal yakni Sesuatu yang berada di luar diri anak mengakibatkan anak menjadi mempunyai kendala perkembangan dan kendala belajar, sehingga mereka mempunyai kebutuhan layanan khusus dalam pendidikan. Sebagai rujukan seorang anak yang mengalami kekerasan di rumah tangga dalam jangka panjang mengakibatkan anak teresbut kehilangan konsentrasi, menarik diri dan ketakutan. Akibatnya anak tidak sanggup belajar.

Contoh lain, anak yang mengalai stress berat berat lantaran petaka atau konflik sosial/perang. Anak ini menjadi sangat ketakutan kalau bertemu dengan orang yang belum dikenal, ketakutan kalau mendengar gemuruh air yang diasosiasikan dengan banjir besar yang pernah dialaminya. Keadaan menyerupai ini mengakibatkan anak tersebut mengalami kendala dalam belajar, dan memerlukan layanan khusus dalam pendidikan.

Kombinasi Faktor Eksternal dan Internal

Kombinasi antara factor eksternal dan factor internal sanggup mengakibatkan terjadinya kebutuhan khusus pada sorang anak. Kebutuhan khusus yang disebabkan oleh factor ekternal dan internal sekaligus diperkirakan akan anak akan mempunyai kebutuhan khusus yang lebih kompleks.

Sebagai rujukan seorang anak yang mengalami gangguan pemusatan perhataian dengan hiperaktivitas dan dimiliki secara internal berada pada lingkungan keluarga yang kedua orang tuanya tidak memerima kehadiran anak, tercermin dari perlakuan yang diberikan kepada anak yang bersangkutan. Anak menyerupai ini mempunyai kebutuhan khusus jawaban dari kondisi dirinya dan jawaban perlakuan orang renta yang tidak tepat.

Istilah anak berkebutuhan khusus bukan kata lain dari istilah anak penyandang cacat tetapi istilah yang lebih luas untuk menggambarkan keadaan anak yang mengalami kendala perkembangan dan kendala berguru termasuk belum dewasa penyandang cacat. Akibat dari itu mereka memerlukan layanan khusus dalam pendidikan.

Anak berkebutuhan khusus mencakup dua kelompok yaitu anak berkebutuhan khusus yang bersifat temporer dan anak berkebutuhan khusus yang bersifat permanen. Dilihat dari sebab-musabab munculnya kebutuhan khusus sanggup dikelompokkan menjadi tiga yaitu lantaran factor internal, factor eksternal dan kombinasi antara factor ekternal dan internal. Untuk memahami perihal anak berkebutuhan khusus (ABK) yang bersifat temporer maupun permanen.

Baca juga: Konsep Anak Berkebutuhan Khusus (Children with Special Needs)

Sejalan dengan itu terdapat beberapa istilah dan terminologi yang lazim dipakai yang menggambarkan cara berpikir yang berkembang dalam bidang pendidikan kebutuhan khusus (special needs education) dan anak berkebutuhan khusus (chidren with special needs). Istilah-istilah yang dipakai lebih meletakan anak sebagai individu yang utuh dan anak sebagai anak.

Demikianlah uraian mengenai Sebab-Sebab Timbulnya Kebutuhan Khusus Pada Anak. Semoga sanggup menambah wawasan dan sanggup bermanfaat.
FAST DOWNLOADads
Download
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url