Contoh Acara Pembelajaran Kemampuan Berbahasa Di Tk
Contoh Kegiatan Pembelajaran Kemampuan Berbahasa di TK - Guru Taman Kanak-kanak (TK), sebelum melakukan acara pembelajaran, perlu mempersiapkan diri. Salah satu bentuk persiapan yaitu menyusun bentuk acara pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik perkembangan fisik dan psikologis anak TK, keadaan lingkungan sekitar dan ketersediaan sarana prasarana pendidikan.
Dari aneka macam bentuk acara pembelajaran yang perlu disusun oleh guru, di antaranya yaitu bentuk acara pembelajaran berbahasa. Kemampuan berbahasa merupakan salah satu dari bidang pengembangan kemampuan dasar yang dipersiapkan oleh guru untuk meningkatkan kemampuan dan kreativitas anak sesuai dengan tahap perkembangannya.
Bentuk acara pembelajaran kemampuan berbahasa yang dikembangkan dan diimplementasikan di Taman Kanak-kanak tidak harus ibarat teladan dalam pedoman ini. Pedoman ini sanggup menjadi rujukan bagi guru dalam berbagi SKM dan SKH sesuai kreativitasnya, sejauh tidak bertentangan dengan prinsip dan asas pembelajaran berahasa TK.
Penyusunan bentuk acara pembelajaran berbahasa ini bertujuan untuk memberi materi tumpuan kepada guru TK, Kepala TK, Pengawas TK-SD dan para Pembina Taman Kanak-kanak dalam menyusun SKM dan SKH khususnya bidang kemampuan berbahasa.
Pengembangan bahasa diarahkan supaya anak bisa memakai dan mengekpresikan pemikirannya dengan memakai kata-kata. Dengan kata lain pengembangan bahasa lebih diarahkan supaya anak dapat:
- Mengolah kata secara komprehensif.
- Mengekspresikan kata-kata tersebut dalam bahasa badan (ucapan dan perbuatan) yang sanggup dipahami oleh orang lain.
- Mengerti setiap kata, mengartikan dan menyampaikannya secara utuh kepada orang lain.
- Berargumentasi, meyakinkan orang melalui kata-kata yang diucapkannya.
Pengembangan Berbahasa pada anak Taman Kanak-kanak menekankan pada:
1. Mendengar dan Berbicara
Secara umum melalui acara mendengar dan berbicara dibutuhkan anak dapat:
- Mendengarkan dengan sungguh-sungguh dan merespon dengan tepat.
- Berbicara dengan penuh percaya diri.
- Menggunakan bahasa untuk mendapat informasi dan untuk komunikasi yang efektif dan interaksi sosial dengan yang lain.
- Menikmati buku, kisah dan irama.
- Mengembangkan kesadaran bunyi.
2. Awal Membaca
Secara umum melalui acara awal membaca dibutuhkan anak dapat:
- Membentuk sikap membaca.
- Mengembangkan beberapa kemampuan sederhana dan keterampilan pemahaman.
- Mengembangkan kesadaran huruf.
Contoh-Contoh Pembelajaran Berbahasa di TK
Langsung saja, berikut membumikan pendidikan share contoh-contoh langkah pembelajaran kemampuan berbahasa di Taman Kanak-kanak yang bisa sahabat-sahabat (khususnya guru TK) download menurut indikatornya.
Indikator Kelompok A (1-19)
- Bercerita memakai kata ganti aku, saya
- Menyebutkan nama diri, orang tua, jenis kelamin, alamat rumah secara sederhana
- Menirukan kembali 3-4 urutan kata 1
- Menirukan kembali 3-4 urutan kata 2
- Menceritakan pengalaman/kejadian secara sederhana (4)
- Bercerita perihal gambar yang disediakan atau yang dibentuk sendiri 1 (5)
- Bercerita perihal gambar yang disediakan atau yang dibentuk sendiri 2 (6)
- Membuat aneka macam macam coretan (7)
- Mengurutkan dan menceritakan isi gambar seri sederhana (3-4 gambar) (8)
- Mendengarkan kisah dan menceritakan kembali isi kisah secara sederhana 1 (9)
- Mendengarkan kisah dan menceritakan kembali isi kisah secara sederhana 2 (13)
- Mendengarkan kisah dan menceritakan kembali isi kisah secara sederhana 3 (14)
- Mendengarkan kisah dan menceritakan kembali isi kisah secara sederhana 4 (18)
- Menjawab pertanyaan perihal keterangan/informasi secara sederhana 1 (10)
- Menjawab pertanyaan perihal keterangan/informasi secara sederhana 2 (15)
- Menyebutkan kata-kata yang memiliki suku kata awal yang sama (11)
- Menyebutkan waktu (pagi, siang, malam) (16)
- Menyebut aneka macam bunyi/suara tertentu (19)
Indikator Kelompok B (24-29)
- Menirukan kembali 4 – 5 urutan kata (24)
- Mendengarkan dan menceritakan kembali kisah secara urut 1 (25)
- Mendengarkan dan menceritakan kembali kisah secara urut 2 (26)
- Mendengarkan dan menceritakan kembali kisah secara urut 3 (27)
- Menceritakan pengalaman/kejadian secara sederhana dengan urut 1 (28)
- Menceritakan pengalaman/kejadian secara sederhana dengan urut 2 (29)
Indikator Kelompok A dan B (20-23)
Demikianlah Contoh Langkah Pembelajaran Kemampuan Berbahasa di TK. Semoga sanggup bermanfaat.