Standar Isi Dan Silabus Pendidikan Anak Usia Dini (Paud)

FAST DOWNLOADads
Download
Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) - Sesuai dengan pasal 28 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 wacana Sistem Pendidikan Nasional dinyatakan bahwa : (1) Pendidikan anak usia dini diselenggarakan sebelum jenjang pendidikan dasar, (2) Pendidikan anak usia dini sanggup diselenggarakan melalui jalur pendidikan formal, nonformal, dan/atau informal, (3) Pendidikan anak usia dini pada jalur pendidikan formal berbentuk taman kanak-kanak (TK), raudatul athfal (RA), atau bentuk lain yang sederajat, (4)  Pendidikan anak usia dini pada jalur pendidikan nonformal berbentuk kelompok bermain (KB), taman penitipan anak (TPA), atau bentuk lain yang sederajat, (5) Pendidikan anak usia dini pada jalur pendidikan informal berbentuk pendidikan keluarga atau pendidikan yang diselenggarakan oleh lingkungan. Dan untuk pelaksanaannya diatur lebih lanjut dengan peraturan pemerintah yang dinyatakan pada pasal (6) Ketentuan mengenai pendidikan anak usia dini sebagaimana dimaksud pada ayat (1), ayat (2), ayat (3), dan ayat (4) diatur lebih lanjut dengan peraturan pemerintah.

Karakteristik Anak Usia Dini (AUD)

Anak usia dini merupakan individu yang berbeda, unik, dan mempunyai karakteristik tersendiri sesuai dengan tahapan usianya. Masa usia dini (0-6 tahun) merupakan masa keemasan (golden age), yang pada masa ini stimulasi seluruh aspek perkembangan berperan penting untuk kiprah perkembangan selanjutnya. Perlu disadari bahwa masa-masa awal kehidupan anak merupakan masa terpenting dalam rentang kehidupan seseorang anak. Pada masa ini pertumbuhan otak sedang mengalami perkembangan yang sangat pesat (eksplosif).

Mengingat pentingnya masa ini, maka kiprah stimulasi berupa penyediaan lingkungan yang aman harus disiapkan oleh para pendidik, baik orang tua, guru, pengasuh ataupun orang remaja lain yang ada di sekitar anak, sehingga anak mempunyai kesempatan untuk menyebarkan seluruh potensinya. Potensi yang dimaksud meliputi aspek watak dan nilai-nilai agama, sosial, emosional dan kemandirian, kemampuan berbahasa, kognitif, fisik/motorik, dan seni. Pendidikan anak usia dini diberikan pada awal kehidupan anak untuk sanggup berkembang secara optimal.


Upaya Pengembangan Anak Usia Dini (AUD)

Upaya pengembangan harus dilakukan melalui acara bermain biar tidak menciptakan anak kehilangan masa bermainnya. Bermain merupakan suatu acara yang menyenangkan bagi anak, bermain juga membantu anak mengenal dirinya, dengan siapa ia hidup, serta lingkungan kawasan ia hidup. Melalui bermain anak memperoleh kesempatan untuk berkreasi, bereksplorasi, menemukan, dan mengekspresikan perasaannya.


Rancangan Standar Isi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

Atas dasar hal tersebut di atas, maka perlu dirumuskan standar isi bagi anak usia dini yang dikembangkan menurut karakteristik perkembangan anak biar sanggup dipakai oleh para pendidik anak usia dini dalam menyebarkan seluruh potensi anak. Standar isi ini meliputi aspek watak dan nilai-nilai agama, social, emosional dan kemandirian, bahasa, kognitif, fisiomotorik, dan seni.
 wacana Sistem Pendidikan Nasional dinyatakan bahwa  Standar Isi dan Silabus Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Baca juga:

Download Standar Isi, Silabus, RPP dan Penilaian PAUD

Di bawah ini membumikan pendidikan akan share standar isi bagi anak usia dini berikut silabus dan RPP serta evaluasi pada Pendidikan Anak Usia Dini yang bisa sahabat-sahabat membumikan pendidikan download.

Demikianlah postingan mengenai Standar Isi dan Silabus Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Semoga bisa membantu sahabat-sahabat membumikan pendidikan dan sanggup pula bermanfaat.

FAST DOWNLOADads
Download
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url