Hakikat Kecerdasan Sebagai First Humanity

FAST DOWNLOADads
Download
Makna Kecerdasan - Kesempatan kali ini, membumikan pendidikan akan share mengenai makna kecerdasan. Sudah kita maklumi bersama, bahwa setiap kali kita diminta menilai siapa yang lebih cerdas di antara orang-orang cerdas menyerupai halnya Bill Gates (Pendiri Microsoft), J.K. Rowling, Oprah Winfrey, atau Munir, SH (alm.)? Atau siapa yang paling cerdas dari tokoh-tokoh dan ilmuan-ilmuan terkenal? Maka, sudah dipastikan banyak yang kebingungan untuk menjawabnya. Kecerdasan insan dan kebutuhan untuk mengukurnya dengan banyak sekali instrumen dan indikator tiba-tiba menjadi hal yang penting, terutama ketika kecerdasan dihubungkan dengan syarat-syarat untuk mencapai kesuksesan hidup.
 membumikan pendidikan akan share mengenai makna kecerdasan Hakikat Kecerdasan Sebagai First Humanity

Apa bekerjsama kecerdasan itu? Berikut sedikit uraian ringkas yang mudah-mudahan sanggup mengantarkan sahabat-sahabat membumikan pendidikan sanggup menemukan dan memahami apa makna kecerdasan itu. Selamat membaca!

Hakikat Makna Kecerdasan

Mengapa harus dimulai dengan makna kecerdasan? Pemahaman makna kecerdasan merupakan awal dari aplikasi banyak hal yang terkait dalam diri manusia, terutama dalam dunia pendidikan. Kesepakatan atas paradigma dan makna perihal kecerdasan selanjutnya sanggup menjadi awal penyusunan dan aplikasi sebuah sistem pendidikan.

Pembicaraan mengenai makna kecerdasan sangatlah luas. Teori-teori kecerdasan terus berkembang, mulai dari Plato, Aristoteles, Darwin, Alfred Binet, Stanberg, Piaget, dan hingga Howard Gardner. Perkembangan yang pesat ini mengerucut pada contoh yang sama, yaitu bahwa makna kecerdasan banyak ditentukan oleh faktor situasi dan kondisi (konteks) yang terjadi pada dikala teori tersebut muncul. Pada akhirnya, makna kecerdasan sangatlah bergantung pada banyaknya kepentingan eksternal dari hakikat kecerdasan itu sendiri. Kepentingan eksternal tersebut mencakup kepentingan politis, eugenic (keturunan), keunggulan ras, dan banyak lagi.

Teori kecerdasan mengalami puncak perubahan paradigma pada 1983 dikala Howard Gardner, pemimpin Project Zero Harvard University mengumumkan perubahan makna kecerdasan dari pemahaman sebelumnya. Dan munculah Teori Multiple Intelegences yang belakangan ini diikuti oleh Psikolog dunia yang berpikiran maju, mulai menyita perhatian masyarakat. Betapa tidak, multiple intelegences yang awalnya yaitu wilayah Psikologi ternyata berkembang hingga ke wilayah edukasi (pendidikan). Bahkan telah merambah dunia profesional di perusahaan-perusahaan besar.

Mengapa demikian besar dan sangat besar lengan berkuasa dalam menyita perhatian dunia? Setidaknya ada tiga paradigma fundamental yang diubah Gardner yang akan dipaparkan pada kesempatan selanjutnya perihal apa tiga paradigma fundamental tersebut.

Demikianlah supaya sanggup bermanfaat dan sanggup membuka wawasan keilmuan sahabat-sahabat membumikan pendidikan mengenai makna kecerdasan. Sampai bertemu kembali di postingan berikutnya.

FAST DOWNLOADads
Download
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url